Di Dapil Ini Ketat, Turunkan Energi Muda PAN Bisa Jadi Kuda Hitam
Politisi Muda PAN Di Kota Palembang Fajar Febriansyah dan Qodri Usman Siregar. Foto/Dok Pribadi

Gumpalannews.com, PALEMBANG - Persaingan partai dan caleg jelang Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 semakin kompetitif terutama untuk daerah pemilihan Sumsel 1 dan Sumsel 2 untuk DPRD Provinsi Sumatera Selatan. 

Tidak mudah bagi partai petahana untuk bisa mempertahankan kursinya yang diperoleh pada pemilu 2019 lalu mengingat kandidat yang ikut kontestasi semakin kompetitif dengan kekuatan relatif merata.

Misalkan saja Partai Amanat Nasional (PAN) menurunkan energi muda di dapil Sumsel 2 DPRD Provinsi yakni Ketua DPD PAN Kota Palembang yang baru Fajar Febriansyah yang kini rajin dan masih terjun ke ditengah-tengah masyarakat. 

Dengan spirit meriah kursi yang gagal diraih PAN pada pemilu 2019 di dua dapil tersebut bisa menjadi ancaman para petahana terutama parpol zona bawah yang berhasil memperoleh kursi di DPRD Sumsel pada pemilu 2019 lalu.

Berdasarkan pemetaan dapil yang pernah dilakukan sebuah lembaga riset politik seperti yang dikutip dari Tribun Sumsel, pertai yang diketuai Zulkifli Hasan juga berada di track perolehan kursi DPRD Sumsel baik itu dapil Sumsel 1 ataupun Sumsel 2. 

Berdasarkan data pemetaan dapil akhir Juni - awal Juli oleh BDRC, PAN Dapil Sumsel II bahkan berada di 5 besar persentase keterpilihan. 

Sementara dapil Sumsel I berada di zona 6 besar tipis. Data tersebut menggambarkan partai PAN bisa jadi ancaman Petahana perolehan kursi pemilu 2019.

Berdasarkan pantauan Gumpalan, Jumat (25/8/2023) sejumlah energi muda dipasang PAN untuk menggaet pemilih Milenial yang mendominasi pemilih Kota Palembang. 

Wajah-wajah baru yang muda dan energik tersebut yakni Ketua DPD PAN Palembang Fajar Febriansyah dapil Sumsel II dan Qodri Usman Siregar Dapil Sumsel I.

Sejumlah analis juga banyak memprediksi tidak ada parpol yang bisa memperoleh dua kursi di dua dapil ini mengingat kuota kursi terbatas sementara parpol bersaing ketat. Gerindra, PDIP dan Demokrat diprediksi tetap akan bersaing dizona papan atas perolehan suara parpol.

Sementara, Ketua DPD PAN Palembang Fajar Febriansyah, M Ikom beberapa waktu lalu mengatakan PAN yakin akan memperoleh kursi pada Pemilu 2024 mendatang di dua dapil ini. 

"Untuk DPRD Kota Palembang kita menargetkan 8 kursi dari 6 kursi yang sudah diraih pada pemilu 2019. Kita optimis bisa diraih apalagi sebelum DCT kita juga akan deklarasi Bakal Cawako Palembang,"ungkap Tenaga Ahli DPR RI ini.

Sementara Untuk DPRD Provinsi dari dapil Kota Palembang ( Sumsel 1 dan 2) masing - masing bisa diraih satu kursi.

"Pemilu 2019 jadi bahan evaluasi raihan kursi di DPRD Kota harus bisa berbanding lurus dengan DPRD Provinsi,"ungkapnya.


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini