Dewan Kota Fasilitasi Bantuan Kursi Roda Penyandang Disabilitas  dari Kemensos

,
Ni Wayan Nuriyani dan anaknya penyandang disabilitas foto: Budiarta/Gumpalannews.com

Gumpalannews.com, DENPASAR -Anggota Dewan Perwakilan Rakyat  Daerah (DPRD) Kota Denpasar, I Nyoman Sumardika berhasil memfasilitasi masyarakat bantuan kursi roda bagi penyandang disabilitas  melalui bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) saat  peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) dan Hari Disabilitas Internasional (HDI), Selasa (20/12/2022). 

Pria yang akrab disapa Man Ligir  kini duduk di Komisi IV Fraksi PDIP ini mengaku, dirinya memfasilitasi bantuan kursi roda warganya setelah memperoleh informasi dari Dinas Sosial Kota Denpasar terkait adanya bantuan kursi roda dan bantuan paket sembako. 

Ditemui di kediamannya, Kamis (23/12), Ligir menuturkan, melalui informasi yang diperoleh dari Dinas Sosial, timnya langsung turun ke lapangan dan menyampaikan kepada warga yang memiliki keluarga disabilitas akan dibantu kursi roda 
melalui bantuan Kemensos. 

Ligir mengaku dirinya tidak tebang pilih dalam membantu masyarakat yang butuh bantuan. Asalkan kondisinya riil memang membutuhkan bantuan pasti dicarikan solusi. Selaku Wakil Rakyat, lanjut Ligir, dirinya wajib membantu  masyarakat memberikan hak dan kewajiban masyarakat. 

Tak segan-segan, dirinya siap dihubungi masyarakat kapan saja jika membutuhkan bantuan. Karena saat masyarakat perlu bantuan, sebagai wakil rakyat harus hadir membantu dan mencari solusi. Kata dia, apalagi di zaman serba canggih dan dengan media sosial informasi akan cepat tersampaikan "Kalau perlu bantuan silakan hubungi kami, jangan segan-segan untuk nelpon. Saya akan bantu semaksimal mungkin," ujarnya. 

Mantan Kepala Pasar Kumbasari ini berharap kepada perangkat desa agar sigap mendata warganya, nantinya ketika ada bantuan tidak lagi susah mencari data sehingga bantuan dapat tersalurkan. Begitu pula masyarakat agar melapor kepada perangkat desa terkait kondisi yang terjadi maupun jika berpindah tempat tinggal. 

"Mari  kita bersama bekerja untuk masyarakat, baik dari tingkat paling bawah serperti kadus, perbekel untuk mendata masyarakat. Ketika ada bantuan kami selaku wakil rakyat bisa menyalurkan sesuai data yang ada. Masyarakat juga harus pro aktif menyampaikan kepada kepala lingkungan jika pindah tempat tinggal," terangnya. 

Salah satu warga yang memperoleh bantuan kutai roda adalah Warga Banjar Mertayasa, Desa Pemecutan Kaja, Denpasar Utara, Ni Wayan Nuriyani (36) mengaku terbantu atas kerja nyata DPRD Kota Denpasar (Sumardika red) membantu warganya yang membutuhkan bantuan. Dengan bantuan kursi roda yang diterima tentu akan meringankan beban hidup maupun memudahkan penyandang disabilitas  bergerak. 

"Saya ucapkan Terima kasih atas bantuan  pak Man Ligir, yang sudah memfasilitasi anak saya kursi roda yang diberikan oleh Kemensos," ujar   Nuriyani, ibu yang memiliki anak penyandang disabilitas. 

Ibu dua anak ini berharap kepada Pemerintah agar bisa memfasilitasi anaknya KIP (Kartu Indonesia Pintar) yang sedang mengenyam pendidikan  SMP di Denpasar. Selain itu, ia berharap kepada dinas sosial agar hak penyandang disabilitas bisa terpenuhi, seperti pengobatan  maupun bantuan lainnya. 

Editor: Redaksi