Dari Program TMMD Kodim Abdya, Petani Dibekali Ilmu Cara Pembibitan Padi
Penyuluhan cara pembibitan padi program TMMD Kodim Abdya, Senin (4/3). Foto: Teuku Rahmat/Gumpalannews.com

Gumpalannews.com, ACEH BARAT DAYA - Puluhan petani di Desa Alue Manggota Kecamatan Blangpidie Aceh Barat Daya (Abdya) menerima pengetahuan tentang tata cara pemilihan bibit padi yang baik dan unggul dan program non fisik TMMD ke 119.

Kegiatan penyuluhan pertanian yang melibatkan pemateri dari Dinas Pertanian dan Pangan Abdya serta sejumlah PPL/Penyuluh itu dilaksanakan di aula kantor Keuchik setempat, Senin (4/3/2024).

Dansatgas TMMD Kodim Abdya Letkol Inf Beni Maradona, S.Sos. melalui Pasiter Kapten Inf Azwani mengatakan, Abdya merupakan salah satu daerah produsen gabah di Aceh. Keberhasilan Bumo Padi Sigupai dalam menoreh prestasi surplus gabah terwujud karena spirit militan para petani sangat tinggi.

"Saya putra asli Lhoksemawe. Baru di Abdya ini saya lihat petani berjiwa militan. Ada alami kegagalan karena faktor alam ataupun dinamika lain, tidak ada kata mundur. Malah terus maju," paparnya.

Azwani menuturkan kegagalan pertanian tersebut salah satunya adalah kurangnya pemahaman tentang cara pemilihan bibit padi yang unggul. Padahal metoda itu adalah hal yang krusial dan kunci utama setelah faktor X lainnya.

Tgk. Laisa (63), salah seorang peserta menilai materi penyuluhan pertanian yang diangkat kali ini sangat menarik dan bermanfaat bagi petani.

"Hampir tidak pernah. Setiap kali kita terima bantuan bibit ataupun beli, tidak pernah kita sortir. Padahal ini sangat penting, menentukan terhadap kualitas padi," ucapnya. (*)


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini