Buka Peluang Kerja Luar Negeri, PKBM Yayasan Kasih Rumbai Koteka Bakal Gandeng B2P3 Pusat 

,
Vyhcram Mohammad, Sekretaris PKBM Yayasan Kasih Rumbai Koteka Kabupaten Fakfak. Foto dok pribadi Vyhcram for Gumpalannews.comr

Gumpalannews.com,FAKFAK- Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Yayasan Kasih Rumbai Koteka Kabupaten Fakfak bakal gandeng Badan Buruh dan Pemuda Pancasila (B2P3) dalam kerja sama untuk mengupayakan pengiriman tenaga kerja hasil binaan PKBM ke Luar Negeri. 

Wakil ketua I Badan Buruh dan Pekerja Pemuda Pancasila (B2P3) Pusat, Zulfikri, yang ditemui awak media  mengungkapkan  secara strategis B2P3 telah memiliki pengalaman dalam melakukan pengiriman tenaga kerja ke luar negeri. 

"Tidak diragukan, Ketua dan Personil-personil B2P3, telah memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam melakukan pengiriman tenaga kerja kemanca negara, terutama di bidang perikanan dan pertanian baik ke  Taiwan, Korea dan Jepang," Kata Wakil ketua I Badan Buruh dan Pekerja Pemuda Pancasila (B2P3) Pusat, Zulfikri. Minggu, (11/12/2022). 

Kata Dia, Hal demikian menjadi peluang besar yang baik, bila PKBM Yayasan Kasih Rumbai Koteka Kabupaten Fakfak bisa ikut bersinergi. 

Merespon peluang tersebut, Vyhcram Mohammad, selaku Sekretaris PKBM menyebutkan, pengiriman tenaga kerja ke luar negeri adalah solusi yang strategis mengingat di Kabupaten Fakfak angka pengangguran tenaga kerja terlatih cukup tinggi.

"Banyak tenaga kerja lulusan SMA/Paket C dan S-1 yang menganggur. Mereka berharap untuk jadi tenaga honorer dan ASN, sementara kuotanya terbatas," Katanya. 

Merespon hal itu, La Deny La Ode Badi selaku negosiator dan fasilitator kerjasama PKBM dan B2P3 Pusat, yang saat ini menjabat Wakil Ketua IV B2P3 Pusat mengatakan bahwa setiap peluang yang bisa membuat Fakfak lebih baik wajib dimanfaatkan secara maksimal.

"Selaku Anak Fakfak, Saya akan bernegosiasi dan memfasilitasi semua hal yang bermanfaat bagi Fakfak, termasuk kerjasama dengan B2P3. Saya berharap ini bisa dimanfaatkan secara maksimal di masa depan karna kerjasama ini peluang yang menguntungkan bagi Fakfak"Ucapnya.

Editor: T Rahmat Hidayat