BPBD Kabupaten Tangerang Suarakan Pentingnya Pengurangan Risiko Bencana
Kepala BPBD Kabupaten Tangerang Ujat Sudrajat (kedua dari kiri) memberikan sambutan kegiatan pemantapan Forum PRB, Jumat (22/9/2023). Foto/ M. Deden Budiman Gumpalannews.com

Gumpalannews.com, TANGERANG – Masih tingginya kategori rawan bencana alam di Kabupaten Tangerang, menyebabkan perlunya masyarakat yang tangguh dan memiliki kapasitas menghadapi bencana. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, Forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Kabupaten Tangerang menjadi salah satu solusinya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang Ujat Sudrajat

menjelaskan, bahwa Forum PRB hadir untuk mengintegrasikan berbagai pihak demi kepentingan pengurangan risiko bencana. 

Hal itu disebut dengan sinergitas pentahelix atau sinergitas antara pemerintah, akademisi, media massa, cendekiawan, dunia usaha, dan masyarakat. 

“Dengan itu dapat memungkinkan pengurangan risiko bencana yang lebih luas lagi,” tutur Ujat, Jumat (22/9/2023).

Ujat melanjutkan, sinergitas pentahelix ini dibutuhkan dalam menyelesaikan permasalahan bencana alam yang terbilang kompleks.  Oleh sebab itu, dibutuhkan pendekatan dari berbagai sisi yang bersinergi satu sama lain. 

“Pengurangan risiko bencana dapat diwujudkan dengan intervensi berbagai pihak yang bekerja secara kolaboratif, terkoordinasi, sinergis, dan simultan,” terangnya.

Lebih lanjut Ujat memaparka, resiko bencana saat ini yang sedang dirasakan bencana kekeringan. Sedikitnya 16 kecamatan dari 29 kecamatan di Kabupaten Tangerang.

"PRB harus bergerak untuk meminimalisir resiko bencana di Kabupaten Tangerang," tegas Ujat.


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini