Banjir Bandang Terjang Dataran Tinggi Beutong Ateuh Banggalang, Ternak Warga Hilang
Kondisi rumah warga di Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang, Nagan Raya usai diterjang banjir bandang. Foto : Kiriman warga for Gumpalannews.com

Gumpalannews.com, NAGAN RAYA - Akibat diguyur hujan lebat sejak beberapa jam terakhir, sebagian kawasan Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh diterjang banjir bandang.

Dari informasi sementara yang diperoleh Gumpalannews.com, setidaknya sebanyak 5 rumah rusak akibat amukan banjir bandang tersebut.

"Belum terdata dengan detail. Yang sudah kelihatan sekitar 5 rumah warga. Sementara ini tidak ada korban jiwa," kata Zamzami, salah seorang warga Beutong Ateuh Banggalang, Senin (28/8/2023) malam.

Untuk kondisi terkini, tambahnya, air banjir bandang sudah mulai surut. Namun keamanan tidak bisa dipastikan, karena dataran tinggi Kabupaten Nagan Raya tersebut masih dilanda hujan.

Selain rumah, tuturnya, sejumlah harta benda milik warga juga raib tergerus alirann air. Bahkan banyak ternak warga menghilang dan hingga saat ini belum diketahui keberadaannya.

"Mudah-mudahan hujan segera reda dan banjir segera surut. Amin," tutup Zamzami.

Sementara itu, Kepala BPBK Nagan Raya Irfanda Rinaldi membenarkan bahwa telah terjadi banjir bandang di Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang, tepatnya di Desa Blang Meurandeh.

Penyebabnya, selain karena diguyur hujan lebat, banjir bandang tersebut terjadi akibat luapan sungai kecil yaitu Alue Beutong. Untuk memberikan pertolongan, saat ini petugas sedang bergerak ke lokasi banjir bandang di Kecamatan Beutong Ateuh Bangalang.

"Petugas kita sedang bergerak ke lokasi untuk memberikan pertolongan kepada masyarakat," ujar Irfanda.

Atas kejadian itu, badan jalan dan sejumlah rumah warga terendam banjir. Banjir juga telah menyebabkan kemacetan akibat batang kayu gelondongan ikut terbawa arus di badan jalan. (*)


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini