Bakar Sampah Sembarangan di Kabupaten Tangerang Didenda Rp 50 Juta
Seorang siswa menutup hidung saat melewati tempat pembuangan sampah ilegal di Desa Tobat, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang, Sabtu (2/9/2023). Foto/ M. Deden Budiman Gumpalannews.com

Gumpalannews.com TANGERANG-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akan menindak tegas pelaku pembakaran sampah secara ilegal, dengan ancaman pidana maksimal enam bulan penjara dan denda sebesar Rp50 juta.

"Sesuai dengan Perda Nomor 1 Tahun 2023 tentang Pengolahan Sampah, bisa dijatuhi kurungan paling lama 6 bulan, dan denda paling banyak Rp50 juta," ucap Syamsul Romli, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Tangerang, Sabtu (2/9/2023).

Ia menerangkan, dengan diberlakukannya Perda Nonor 1 Tahun 2023 ini, bertujuan untuk menertibkan masyarakat dalam pengelolaan sampah. Selama ini aktivitas pembakaran sampah kian marak, berimbas pada penurunan kualitas udara di Kabupaten Tangerang.

Aturan pengelolaan sampah, tertuang dalam Surat Edaran (SE) Bupati Tangerang, Nomor 600.1/3131-DLHK/2023 Tentang Pengelolaan Sampah.

Isi dari surat edaran (SE)/maklumat itu, di antaranya adalah dilarang membuang sampah tidak pada tempat yang telah ditentukan dan disediakan. Dilarang membuang, menumpuk, menyimpan sampah atau bangkai binatang di jalan, jalur hijau, taman, sungai, saluran, fasilitas umum dan tempat lainnya yang sejenis. Dilarang membakar sampah pada tempat-tempat yang membahayakan.

Kemudian, dilarang membakar sampah atau benda-benda lainnya di bawah pohon yang menyebabkan matinya pohon dan dilarang membakar sampah yang tidak sesuai dengan persyaratan teknis pengelolaan sampah.

Maklumat yang dikeluarkan, bisa dijadikan dasar bagi tindakan untuk memberantas hal tersebut, dengan bertindak untuk kepentingan masyarakat.

Sebelumnya, DLHK Kabupaten Tangerang telah mendapat laporan sebanyak 10 pengelola tempat pembuangan sampah akhir (TPSA) liar di Kecamatan Sindang Jaya yang diduga telah melanggar aturan.

Menurut dia, ke-10 lapak TPSA tersebut kemudian kini telah ditangani oleh pihak kepolisian Polresta Tangerang. 


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini